Akhir-akhir ini banyak yang ngeluh kalo harddisk/flashdisk yang tiba-tiba eror, pada hal disana berisi data yang kita pentingin. Dan kasus ini nimpa saya juga..wkwkwkwk…

awal nya sempet panik, semua temen IT di kontak jadi sasaran buat minta solusi. Dan Saya hampir nyerah dan pasrah kehilangan data. Kasus nya adalah harddisk saya setiap dicolokin ke laptop minta di format (kalo ada yang ngalamin jangan diformat, cancel aja), trus di explorer cuman keliatan nama Harddisk nya doang..

nah..itu masi ada harapan buat nyelametin data yang ada didalam nya.. saya pake berbagai cara dan jurus pamungkas..(kaya silat aja).. salah satunya yang berhasil ngembaliin data saya adalah melakukan Check Disk:

  1. Klik start, pilih Run atau windowskey+R
  2. Pada kotak isian ketik cmd
  3. Klik OK
  4. Pada layar command propt, jalankan checkdisk dengan mengetikan perintah chkdsk h: /f /r
  5. Setelah itu tekan enter !!

Catatan:

h: adalah nama drive eksternal yang terdeteksi pada laptop kita

/f adalah perintah untuk melakukan perbaikan secara otomatis terhadap error yang ditemukan

/r adalah perintah untuk merelokasi bad sectors (sektor harddisk yang rusak) dan mengembalikan informasi yang terbaca

 

Dalam melakukan checkdisk diperlukan waktu yang tergantung pada kapasitas harddisk/flashdisk kita. selamat mencoba dan semoga berhasil. jika ada yang kurang jelas silakan komentar.. 🙂

